TEh Baik Untuk Metabolisme

20 01 2009

Ada banyak alasan untuk menikmati secangkir teh. Entah itu pagi atau sore. Selain terasa nikmat, teh memiliki banyak manfaat bagi tubuh, terutama para manula. “Makanya, di Tiongkok dan Jepang, yang sering meminum teh adalah para manula,” ujar Andriyanto SH MKes.

Jenis teh yang memiliki manfaat paling banyak adalah teh merah, hijau, dan hitam. Teh mengandung tanin yang bermanfaat sebagai antioksidan yang cukup tinggi dan bagus untuk manula karena berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh. “Sehingga, para manula tidak mudah terkena penyakit,” kata ketua Persatuan Ahli Gizi (Persagi) tersebut.

Antioksidan yang dimiliki teh memberikan perlindungan bagi tubuh dari penuaan ataupun efek polusi. Namun, untuk mendapatkan hasil maksimal, sebaiknya teh jangan dicampur dengan gula. Sebab, gula dapat menyerap zat tanin yang kaya antioksidan itu.

Teh juga membantu melindungi tubuh dari kanker. Sebab, teh mengandung polyphenol dan antioksidan yang berfungsi sebagai tameng bagi tubuh dari serangan kanker.

Selain itu, teh mengurangi risiko terkena serangan jantung dan stroke. Gumpalan dalam darah yang berasal dari kolesterol mengakibatkan serangan jantung dan stroke. “Teh dapat membantu melancarkan aliran darah dan membersihkannya,” terang Andriyanto.

Andriyanto menambahkan, dalam sebuah penelitian di Belanda, ditemukan, pada orang yang minum teh setidaknya dua kali sehari, kemungkinannya mengalami serangan jantung 70 persen lebih kecil. Jenis teh yang amat bermanfaat untuk kasus tersebut adalah teh hitam. “Kalau dikonsumsi, teh hitam dapat melarutkan lemak-lemak dalam pembuluh darah,” tuturnya. Selain itu, kandungan teh tersebut dapat membuka pembuluh darah yang menyempit.

Selain bermanfaat untuk jantung, teh bisa membantu fungsi ginjal. “Dengan demikian, setelah minum teh, orang merasa ingin kencing,” jelasnya. Teh mengandung flouride yang dapat memperkuat gigi.

Selama ini, ada mitos yang menyatakan bahwa teh bisa mempercepat kerusakan gigi. Namun, bukan teh biang keroknya. Gula yang dicampurkan di dalamnya yang mempunyai efek buruk pada gigi.

Teh juga bebas kalori dan dapat meningkatkan metabolisme tubuh, terutama teh hijau. “Sekitar 70-80 kalori tambahan dapat terbakar hanya dengan meminum lima cangkir teh hijau setiap hari,” ucapnya.

Untuk dapat mereguk kenikmatan sekaligus manfaat teh, cara penyiapan harus tepat. Andriyanto menyatakan, sebaiknya teh jangan dicampur langsung dengan air panas yang baru matang. Ukuran suhu panas yang baik bisa seperti panas dispenser. Setelah diseduh, teh segera dihabiskan. “Jangan biarkan teh lebih dari 12 menit setelah diseduh,” sarannya. Sesudah diseduh, kalaupun masih panas, tunggu enam menit kemudian. Jika tidak habis, dapat dikonsumsi lagi enam menit kemudian. Tetapi, jika lebih dari itu dan sudah dingin, manfaat teh akan berkurang. “Maka, untuk mendapatkan hasil maksimal, konsumsi teh dalam keadaan hangat,” imbuhnya.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: