Vegetarian, jelek gak??

20 01 2009

Vegetarian terdiri dari beberapa macam. Mereka yang mengkonsumsi daging, termasuk ikan dan ayam, tidak di anggap vegetarian. Namun ada pula yang sudah mulai merintis jalan ke arah vegetarian, dengan mengurangi atau bahkan menghapus daging dari makanan mereka. Modifikasi tersebut melahirkan pembagian vegetarian berdasarkan apa yang di makannya. Namun ada persamaannya, semuanya makan sayur, biji, kacang, buah, grains, dan beans. Supplement Soy Protein juga di perbolehkan kaum vegetarian. Kaum Vegan adalah vegetarian ketat yang tidak makan hewan dalam bentuk apapun. Ovo Vegetarian makan telur, tapi tidak makan hewan dan dairy products (termasuk creatine, whey protein, dan MRP). Lacto Vegetarian makan dairy products, tapi tidak makan telur dan hewan. Lacto Ovo makan dairy products dan telur, tapi tidak makan hewan. Pesco Vegetarian makan dairy products, telur, dan ikan, tapi tidak makan hewan. Semi/Almost Vegetarian makan dairy food, telur, unggas, dan ikan, tapi tidak makan daging merah.

Kesalahan umum vegetarian (termasuk binaragawan) adalah, menganggap vegetarian sebagai sesuatu yang mengharuskan dirinya menghindari makanan tertentu, namun dalam kenyataannya tidak belajar mengganti nutrisi yang hilang itu. Mereka kerap mengeluh menderita fibromyalgia dan sindrom fatigue yang akut. Kebanyakan penyakit vegetarian ini akan hilang dengan sendirinya setelah nutrisi yang hilang itu di kembalikan lagi.

Binaragawan dikenal mengkonsumsi produk hewan dalam jumlah besar. Masalahnya dimulai jika anda menempatkan hewan sebagai sumber diet utama anda, dan melupakan sayuran, grains, beans, kacang kacangan, biji bijian, buah buahan. Anda yang bukan vegetarian dan ingin mendapatkan keuntungan layaknya vegetarian, ada baiknya juga mulai memperhatikan tetumbuhan sebagai bagian dari diet anda, bukan hanya daging dan telur saja.

Diet ala vegetarian biasanya rendah lemak jenuh, rendah kolesterol, dan rendah protein hewani. Sebaliknya, diet vegetarian tinggi akan folate, vitamin anti oksidan (seperti vitamin C dan E, carotenoid, dan phytochemical). Karena rendah lemak jenuh, maka vegetarian biasanya terhindar dari penyakit penyempitan pembuluh darah (pemicu stroke).
Anda tidak akan kekurangan protein hanya karena menjadi vegetarian sebagaimana yang di khawatirkan oleh penggemar fitness pada umumnya. Walau hanya berupa tetumbuhan/nabati, jika di konsumsi dalam jumlah tepat, maka kebutuhan protein akan tercukupi. Ini terbukti dengan adanya beberapa binaragawan yang sekaligus di kenal sebagai vegetarian. Kentang mengandung 11% protein, jeruk 8%, kedelai 26%, tahu 34%. Bahkan pertumbuhan manusia bisa di mungkinkan dengan kecepatan menakjubkan hanya dengan menjalani diet protein 5%. Malah nyaris mencapai 2 kali lipat dari ukuran badannya, hanya dalam waktu 6 bulan saja. Contohnya adalah bayi manusia yang hanya di beri air susu ibu selama 6 bulan (diet protein 5%).
Ada perbedaan mendasar antara protein yang didapatkan vegetarian dengan yang tidak vegetarian. Makanan sayuran mengandung 20 asam amino secara terpencar, tidak seperti sumber protein hewani. Ada sayur yang rendah lysine, ada pula yang tinggi lysine. Protein hewani mengandung 9 asam amino esensial, atau protein lengkap. Anda juga bisa mendapatkannya dari buah dan sayuran, Sayangnya, tidak ada satupun dari buah dan sayuran itu yang mengandung protein lengkap. Kekurangannya harus di cari dari buah atau sayuran jenis lainnya. Itulah sebabnya diet vegetarian kerap di kaitkan dengan protein tidak lengkap, dengan pengecualian kedelai. Kedelai di anggap paling mendekati struktur asam amino yang terkandung dalam protein jaringan otot manusia, karena mengandung semua asam amino esensial. Itulah sebabnya mengkonsumsi supplement soy protein atau susu kedelai sangat penting bagi binaragawan vegetarian. Juga karena kadar glutamine pada soy cukup tinggi, sekitar 10.5g/100g soy protein. Glutamine adalah asam amino non-esensial yang berfungsi sebagai anti catabolic guna melawan pengerogotan otot akibat latihan keras. Soy juga memiliki kadar isoflavone yang tinggi (mampu mencegah osteoporosis) dan mampu menurunkan LDL darah yang berarti menurunkan resiko tekanan darah tinggi, penyempitan pembuluh darah, dan penyakit kronis lainnya. Efek isoflavone pada soy terhadap binaragawan untuk jangka panjang belum pernah di buktikkan, namun tidak ada salahnya di coba.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: