4 07 2009

POSBINDU kependekan dari Pos Pembinaan Terpadu, program ini berbeda dengan POSYANDU, karena POSBINDU dikhususkan untuk pembinaan para orang tua baik yang akan memasuki masa lansia maupun yang sudah memasuki masa lansia. POSBINDU yang ada di Kecamatan Tamansari berjalan cukup baik dan aktif dalam pelaksanaan program-programnya.

POSBINDU Tamansari dibentuk pada tanggal 22 Nopember 2002 pembentukan program posbindu ini merupakan bentuk pelayanan dan pembinaan yang sesuai dengan program Puskesmas Tamansari dalam pelayanan dan pembinaan kesehatan kepada masyarakat yang dikhususkan kepada masarakat usia lanjut (uslia) terutama ditekankan dalam bentuk pelayanan kesehatan. Masyarakat usia lanjut untuk mendapatkan pelayanan kesehatan akan mengalami kesulitan untuk datang ke Puskesmas atau balai pengobatan lainnya karena beberapa kendala seperti jarak dari rumah masyarakat usia lanjut ke puskesmas atau balai pengobatan yang jauh juga kondisi masyarakat usila tersebut yang tidak memungkinkan untuk pergi ke Puskesmas atau balai pengobatan lainnya. Untuk kelancaran program ini maka dibentuklah Posbindu di tiap kelurahan yang ada di wilayah Kecamatan Tamansari, tetapi dari 8 kelurahan yang ada di Kecamatan Tamansari baru di 3 kelurahan yang sudah dibentuk Posbindu Lansia yaitu Kelurahan Sukahurip 2 Posbindu, Kelurahan Mulyasari 1 Posbindu dan Keluruhan Tamanjaya 1 Posbindu hal ini dikarenakan beberapa kendala. Mudah-mudahan pada tahun ini sudah bisa dibentuk Posbindu Lansia di tiap kelurahan.

Alasan yang cukup mendasar diadakannnya POSBINDU, pertama jumlah lansia berdasarkan perkiraan statistik dari tahun 2005 sampai 2010 jumlah lansia itu di perkirakan akan sama jumlahnya dengan jumlah balita pada saat itu, yang kedua, berdasarkan data tahun 1995 bahwa dari jumlah lansia yang ada di Indonesia pada tahun tersebut 55,7% berstatus sebagai kepala rumah tangga, yang ketiga adalah 60 % dari jumlah lansia tahun 1995 tersebut tidak menempuh pendidikan formal, yang ke empat berdasarkan analisa terhadap angka harapan hidup cukup meningkat data tahun 1980 angka harapan hidup untuk perempuan adalah 54 tahun, dan laki-laki 50,9 tahun sedangkan tahun 1995 angka harapan hidup menunjukan peningkatan yang cukup meningkat yaitu untuk perempuan menjadi 67,7 tahun dan laki-laki menjadi 62,9 tahun.

Program POSBINDU ini di peruntukan untuk usia 45 tahun ke atas dengan pembagian 45 tahun sampai 59 tahun adalah usia pra lansia, 60 sampai 70 tahun adalah usia lansia dan 70 tahun ke atas adalah lansia yang beresiko. POSBINDU ini diharapkan bagi usia pra lansia adalag untuk mempersiapakan dalam memasuki usia lansianya agar tetap produktif, mandiri dan bisa berperan aktif.(la76)

Kegiatan yang dilaksanakan di Posbindu diantaranya :

1. Pendataan Sasaran

Dilaksanakan satu tahun sekali tiap bulan Januari

2. Pemeriksaan kesehatan

Dalam Upaya meningkatkan derajat kesehatan usia lanjut maka setiap satu bulan sekali diadakan pemeriksaan kesehatan meliputi:

– Pemeriksaan tekanan darah

– Penimbangan berat badan

– Pemberian obat-obatan bila diperlukan

3. Penyuluhan

Dilaksanakan setiap 1 bulan sekali

4. Olah raga / kesehatan Jasmanai

Olah raga yang yang dilakukan di Posbindu yaitu senam Lansia, jalan kaki, senam dilaksnakan setiap satu minggu sekali

5. Pengajian

Untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dilakukan pembinaan mental melalui pengajian yang dilaksanakan setiap hari jumat

6. Keterampilan

Untuk mengembangkan hoby dan bakat para usia lanjut jenis keterampilan yang dilaksanakan diantaranya memasak, payet baju, merenda dari benang wol.

7. Rekreasi

Untuk mengurangi kejenuhan dan membuat susana menyenangkan dilakukan rekreasi melalui rekreasi wisata alam yang dilakukan setiap 6 bulan sekali

8. Bakti Sosial

Kegiatan yang dilaksanakan diantaranya kerja bakti dilingkungan Posbindu setempat, juga menumbuhkan rasa kesetiakawanan social antara lain menengok anggota yang sakit atau meninggal dunia dengan memberikan bantuan sumbangan.

9. Pemberian makanan tambahan

Diberikan pada waktu pemeriksaan rutin

10. Pemeriksaan HB

Untuk mendeteksi penyakit anemia pada usia lanjut dilakukan 6 bulan sekali dengan petugas Labolatorium dari Puskesmas Tamansari

11. Pembinaan Pada Keluaraga Lansia

Selain Usia lanjut itu sendiri juga diadakan pembinaan pada keluarga yang mempunyai anggota Lansia sebagai upaya keluarga untuk meningkatkan kemampuannya mengatasi masalah kesehatan Lansia

12. Latihan Kesenian

Latihan kesenian yang pada dasarnya hiburan untuk para lansia itu sendiri, diantarana di Posbindu Dahlia diadakan latihan kesenian tradisional berupa latihan Reog dan Rebana.


Aksi

Information

2 responses

4 01 2011
ridwan

terima kasih infonya bagus

23 08 2011
aseprahmat

o.k sama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: