Bioterorisme

4 07 2009

Bioterorisme adalah pelepasan yang disengaja dari kuman virus, bakteri, ataupun kuman lainnya yang digunakan untuk menyebabkan kesakitan ataupun kematian pada manusia, hewan, ataupun tanaman. WASPADA Online

Bioterorisme adalah pelepasan yang disengaja dari kuman virus, bakteri, ataupun kuman lainnya yang digunakan untuk menyebabkan kesakitan ataupun kematian pada manusia, hewan, ataupun tanaman.

Memang kuman ini diperoleh secara alamiah, tetapi kuman-kuman tersebut dapat dirubah sehingga kemampuannya untuk menyebabkan penyakit dapat ditingkatkan, yang membuat kuman-kuman tersebut akan kebal atau resisten terhadap pengobatan yang telah ada, ataupun kemampuannya untuk menyebar kesekitarnya menjadi bertambah hebat, baik melalui udara, air ataupun makanan. Sering pula dikenal sebagai senjata biologik.

Para teroris menggunakan kuman-kuman ini karena sangat sukar untuk dideteksi dan tidak menyebabkan penyakit untuk beberapa jam sampai beberapa hari. Bioterorisme ini dapat digunakan pada peperangan melawan suatu negara atau kelompok orang, misalnya pada tahun 2001 di Amerika Serikat spora kuman anthrax telah dikirimkan melalui sistem pos yang menimbulkan adanya istilah bioterorisme.

Ada beberapa cara penyebaran kuman yang digunakan di dalam bioterorisme, dan salah satu cara adalah secara menghirup (inhalasi) yang memberikan dampak buruk bagi kesehatan misalnya pada paru-paru.

Penggolongan
Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menggolongkan bioterorisme atas beberapa golongan berdasarkan risiko yang ditimbulkannya terhadap manusia oleh karena kemudahan menyebar, beratnya kesakitan maupun kematian yang ditimbulkannya, yaitu :

Golongan A: kumpulan kuman-kuman yang mempunyai risiko yang sangat tinggi yang membahayakan keamanan suatu negara, yang secara mudah dapat menyebar dari manusia kemanusia, menimbulkan angka kematian yang sangat tinggi, menyebabkan kepanikan dan kekacauan sosial dan diperlukan tindakan khusus bagi kesehatan masyarakat. Contoh penyakit yang disebabkan oleh kuman anthrax, virus cacar dan demam berdarah, kuman penyebab penyakit pes dan klostridium botulinum (penyebab keracunan makanan).

Golongan B: kumpulan kuman yang mempunyai risiko tinggi walaupun lebih rendah dari golongan A, cukup mudah menyebar, menyebabkan angka kesakitan cukup tinggi walaupun angka kematian rendah. Contoh bakteri penyebab brucellosis, salmonela, sigela, e.coli, cholera, virus alfa dan penyebab infeksi otak, zat-zat racun (toksin) dan lain-lain.

Golongan C: kuman-kuman yang mempunyai risiko paling rendah, berupa kuman-kuman yang dapat direkayasa untuk disebarkan dimasa mendatang, karena mudah didapatkan, mudah diproduksi, disebarkan dan mempunyai potensi untuk berdampak terhadap kesehatan yang utama serta berpotensi untuk menyebabkan angka kematian dan kesakitan yang tinggi.

Dampak kuman kesehatan
Yang sering digunakan untuk bioterorisme adalah kuman-kuman yang termasuk dalam golongan A, yaitu :

*Anthrax
Penyakit ini disebabkan bakteri yang berspora, yaitu Bacillus anthracis. Spora kuman ini sangat stabil, masih bertahan hidup bertahun-tahun di dalam tanah dan air, sehingga membuat kuman ini cocok digunakan untuk bioterorisme.

Manusia dapat terjangkit penyakit ini melalui kulit yang tercemar dengan produk binatang seperti bulu dan dagingnya, terhirup sporanya ataupun melalui makanan (daging yang mengandung kuman anthrax tanpa pengolahannya yang lama).

Gejala yang ditimbulkannya mirip penyakit influenza, yang berupa demam, menggigil, nyeri otot beberapa hari setelah menghirup spora kuman ini, kemudian keadaannya cepat memburuk.

Kuman Pes
Penyakit ini disebabkan oleh Yersinia pestis, yang menimbulkan infeksi paru (pneumonia) yang dapat menyebar dari manusia ke manusia lain. Setelah beberapa hari kemasukan kuman ini penderita menunjukkan gejala demam, menggigil, sakit kepala, nyeri otot dan dada, batuk yang mungkin berdarah dan sesak. Kutu bertanggung jawab atas penularan penyakit ini dan kuman ini menginfeksi tikus ketika kutu tadi mengisap darah tikus. Dalam keadaan normal kutu ini tidak menggigit manusia tetapi jika tikus mati karena infeksi tadi maka kutu akan menjadi lapar dan dapat menggigit manusia.

Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS)
Merupakan infeksi pernafasan yang disebabkan berbagai virus. Sifat virus ini sangat unik karena kemampuannya untuk memindahkan informasi genetik antar virus dan digunakan sebagai senjata biologik Gejala penyakit berupa demam, infeksi paru (pneumonia) dan akhirnya gagal nafas.

Botulisme
Penyakit ini disebabkan kuman klostridium botulinum yang terjadi melalui terhirupnya spora kuman tadi, yang dapat meracun saraf dan menimbulkan kelumpuhan otot-otot rangka tubuh dan otot-otot pernafasan. Kuman ini tidak berwarna dan tidak berbau serta dalam takaran yang kecil dapat mematikan sehingga sangat baik dipakai sebagai senjata biologik. Mula timbulnya penyakit ini dalam 24 jam sampai beberapa hari setelah berkontak dengan kuman ini.

Virus cacar
Setelah beberapa hari terinfeksi kuman ini timbul gejala berupa demam tinggi, nyeri kepala, mual muntah dan lain-lain. Yang lebih berbahaya lagi jika timbul berupa perdarahan kulit yang dapat menyebabkan kematian.

Zat-zat kimia
Selain kuman-kuman, beberapa zat kimia yang dihirup dapat digunakan sebagai bioterorisme, seperti khlorin dan fosgen. Kedua zat ini sangat berbahaya dan telah digunakan dalam skala besar sejak perang dunia pertama. Pada paru dapat menyebabkan penyempitan saluran nafas dan gagal nafas, sedangkan zat lain seperti sulfur jika terhirup dapat menyebabkan kerusakan saluran nafas sampai ke bahagian yang paling kecil dari saluran nafas (alveoli).


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: